PENETAPAN PANIATIA ULANGAN
SEMESTER GANJIL SMA/SMK YPPGI TIMIKA TAHUN
2017
Panitia Setahun Semerter ganjil 2017
Ketua :
Melpen Yeimo S.I.Kom
Sekertaris : Desepianus Pigai, S.S
Bendahara : Yuliana,S.Pd
Demikian pula juga ada pembentukan panitia UN Ujian nasional
dan ulangan genap dan pula USB penerimaan siswa baru tahun 2017/18
Penetapan KKM
1. Departemen Pendidikan Nasional
Penetapan Kriteria Ketuntasan MinimalSosialisasi KTSP
2. PENETAPAN KKM PENETAPAN KKM ANALISIS ANALISIS PENCAPAIAN KKM
PENCAPAIAN KKMSosialisasi KTSP
3. Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBSSosialisasi KTSPØ Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah
nilai ketuntasan belajar maksimal Ø Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100 Ø Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk
bilangan bulat dengan rentang 0 – 100 Ø KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah Ø KKM ditetapkan pada awal tahun
pelajaran ØRAMBU-RAMBU
4. MEKANISME/LANGKAH-LANGKAH : KKM KKM KKM KKM INDIKATOR
INDIKATOR KD KD KKM KKM KKM KKM MP MP SK SKSosialisasi KTSP
5. KRITERIA PENETAPAN KKM • Kompleksitas (Kesulitan &
Kerumitan) • Daya dukung • Intake siswa PENETAPAN KKM : menggunakan Format
ASosialisasi KTSP
6. Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
Sosialisasi KTSP Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai
makhluk individu dan makhluk social FORMAT A Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompetensi dasar dan Kriteria Penetapan Nilai Indikator Ketuntasan KKM
Kompleksitas Daya Intake dukung1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-
unsur terbentuknya negara
7. nilainya adalah: (3 + 3 + 2) x 100 = 88.89 9Sosialisasi KTSPàMENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAIA.
Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan : 1. Kompleksitas
: - Tinggi = 1 - Sedang = 2 - Rendah = 3 2. Daya dukung : - Tinggi = 3 - Sedang
= 2 - Rendah = 1 3. Intake : - Tinggi = 3 - Sedang = 2 - Rendah = 1Jika
indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukungtinggi dan intake
siswa sedang
8. nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang
kita tentukan. Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap
kriteria perlu kesepakatan dalam forum MGMP di Sekolah.Sosialisasi KTSPàMENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI B.
Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria: 1.Kompleksitas : - Tinggi
= 50-64 - Sedang = 65-80 - Rendah = 81-100 2.Daya dukung : - Tinggi = 81-100 -
Sedang = 65-80 - Rendah = 50-64 3. Intake : - Tinggi = 81-100 - Sedang = 65-80
- Rendah = 50-64 Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya
dukung tinggi dan intake sedang
9. maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi
untuk mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat
mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.Sosialisasi KTSPàMENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAIC.
Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk
menetapkan nilai : 1. Kompleksitas : - Tinggi - Sedang - Rendah 2. Daya dukung
: - Tinggi - Sedang - Rendah 3. Intake : - Tinggi - Sedang - Rendah Contoh :
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan
intake siswa sedang
10. TINGKAT KOMPLEKSITAS (Kesulitan & cukup lama karena perlu pengulangan •
PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.Sosialisasi KTSPü kreatif dan inovatif dalam
melaksanakan pembelajaran. • WAKTU ü memahami Kompetensi yang harus dicapai Siswa üKerumitan) setiap IP/KD yang harus
dicapai oleh siswa. Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya
menuntut : • SDM
11. KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG: yaitu ketersediaan tenaga,
sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, BOP, manajemen sekolah,
kepedulian stakeholders sekolah.Sosialisasi KTSP
12. KKM Kelas XI dan XII didasarkan pada tingkat pencapaian KKM
siswa pada semester atau kelas sebelumnyaSosialisasi KTSPØ KKM Kelas X didasarkan pada hasil
seleksi PSB, NUN, Rapor kelas 3 SMP, test seleksi masuk atau psikotes ØINTAKE (TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA)
SISWA :
13. Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya
NegaraSosialisasi KTSP Menguraikan pengertian bangsa dan Sedang tinggi sedan
77.8 unsur terbentuknya bangsa 2 3 g 2 Mendeskripsikan kedudukan manusia
sebagai makhluk individu tinggi sedan sedan 55.6 dan makhluk sosial 1 g 2 g 2 FORMAT
A Kriteria Ketuntasan Minimal Kompetensi dasar dan Kriteria Penetapan Nilai
Ketuntasan KKM Indikator Kompleksi Daya Intake tas dukung 741.1.
Mendeskripsikanhakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara Rendah tinggi
sedan 88.9 3 3 g 2
14. Menganalisis pengertian negara 78 85 70 77.6 dan unsur
terbentuknya Negara Sosialisasi KTSP Menguraikan pengertian bangsa 55 80 dan
unsur terbentuknya bangsa Sedang tinggi sedang Mendeskripsikan kedudukan 90 70
78.3 75 manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial tinggi sedang sedan
g 70 68,3 FORMAT A Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompetensi dasar dan Nilai Indikator Kompleks Daya Intake itas dukung KKM
74.771.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
Sedang tinggi sedang
15. PENULISAN KKM PADA LHBS LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH
MENENGAH ATASNama Siswa : ………………………………… Nama Sekolah : ………………………………Nomor Induk
: ………………………………… Tahun Pelajaran : ………………………………Kelas/Semester : XI IA /1
Kriteria Nilai Hasil Belajar KetuntasanNo Mata Pelajaran Minimal *) Pengetahuan
dan Praktik Sikap/ Pemahaman Konsep Afektif Angka Huruf Angka Huruf Predikat1.
Pendidikan Agama 75 80 Delapan puluh - - B2. Pendk. 75 80 Delapan puluh - - B
Kewarganegaraan3. Bhs Indonesia 70 70 Tujuh puluh 75 Tujuh puluh B lima4.
Bahasa Inggris 65 70 Tujuh puluh 65 Enam puluh B lima5. Matematika 60 60 Enam
puluh - - B6. Seni Budaya,dst 78 - 75 BSosialisasi KTSP
16. Tujuan Analisis : Mengetahui tingkat ketercapaian KKM yang
telah ditetapkan. Manfaat Analisis : Sebagai dasar untuk menetapkan KKM pada
tahun berikutnya.Sosialisasi KTSP
17. SelesaiSosialisasi KTSP
MENGETAHUI ULANGAN SEMESTER 2017
KETUA SEKERTARIS
MELPEN YEIMO,S.I.Kom DESEPIANUS
PIGAI, S.S
Tidak ada komentar:
Posting Komentar