Jumat, 13 Oktober 2017

penetapan panitia ulangan semester ganjil SMA dan SMK YPPGI timika 2017

PENETAPAN PANIATIA ULANGAN SEMESTER GANJIL SMA/SMK YPPGI TIMIKA  TAHUN 2017

Panitia Setahun Semerter ganjil  2017

Ketua             : Melpen Yeimo S.I.Kom
Sekertaris       : Desepianus Pigai, S.S
Bendahara      : Yuliana,S.Pd

Demikian pula juga ada pembentukan panitia UN Ujian nasional dan ulangan genap dan pula USB penerimaan siswa baru tahun 2017/18

Penetapan KKM

1. Departemen Pendidikan Nasional Penetapan Kriteria Ketuntasan MinimalSosialisasi KTSP
2. PENETAPAN KKM PENETAPAN KKM ANALISIS ANALISIS PENCAPAIAN KKM PENCAPAIAN KKMSosialisasi KTSP
3.  Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBSSosialisasi KTSPØ Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal Ø Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100 Ø Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100 Ø KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah Ø KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran ØRAMBU-RAMBU
4. MEKANISME/LANGKAH-LANGKAH : KKM KKM KKM KKM INDIKATOR INDIKATOR KD KD KKM KKM KKM KKM MP MP SK SKSosialisasi KTSP
5. KRITERIA PENETAPAN KKM • Kompleksitas (Kesulitan & Kerumitan) • Daya dukung • Intake siswa PENETAPAN KKM : menggunakan Format ASosialisasi KTSP
6.  Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara Sosialisasi KTSP Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa  Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social FORMAT A Kriteria Ketuntasan Minimal Kompetensi dasar dan Kriteria Penetapan Nilai Indikator Ketuntasan KKM Kompleksitas Daya Intake dukung1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur- unsur terbentuknya negara
7.  nilainya adalah: (3 + 3 + 2) x 100 = 88.89 9Sosialisasi KTSPàMENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAIA. Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan : 1. Kompleksitas : - Tinggi = 1 - Sedang = 2 - Rendah = 3 2. Daya dukung : - Tinggi = 3 - Sedang = 2 - Rendah = 1 3. Intake : - Tinggi = 3 - Sedang = 2 - Rendah = 1Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya dukungtinggi dan intake siswa sedang
8.  nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang kita tentukan. Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu kesepakatan dalam forum MGMP di Sekolah.Sosialisasi KTSPàMENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria: 1.Kompleksitas : - Tinggi = 50-64 - Sedang = 65-80 - Rendah = 81-100 2.Daya dukung : - Tinggi = 81-100 - Sedang = 65-80 - Rendah = 50-64 3. Intake : - Tinggi = 81-100 - Sedang = 65-80 - Rendah = 50-64 Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan intake sedang
9.  maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.Sosialisasi KTSPàMENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAIC. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai : 1. Kompleksitas : - Tinggi - Sedang - Rendah 2. Daya dukung : - Tinggi - Sedang - Rendah 3. Intake : - Tinggi - Sedang - Rendah Contoh : Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang
10. TINGKAT KOMPLEKSITAS (Kesulitan &  cukup lama karena perlu pengulangan • PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.Sosialisasi KTSPü kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. • WAKTU ü memahami Kompetensi yang harus dicapai Siswa üKerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh siswa. Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya menuntut : • SDM
11. KEMAMPUAN SUMBERDAYA PENDUKUNG: yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders sekolah.Sosialisasi KTSP
12.  KKM Kelas XI dan XII didasarkan pada tingkat pencapaian KKM siswa pada semester atau kelas sebelumnyaSosialisasi KTSPØ KKM Kelas X didasarkan pada hasil seleksi PSB, NUN, Rapor kelas 3 SMP, test seleksi masuk atau psikotes ØINTAKE (TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA) SISWA :
13.  Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya NegaraSosialisasi KTSP Menguraikan pengertian bangsa dan Sedang tinggi sedan 77.8 unsur terbentuknya bangsa 2 3 g 2 Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu tinggi sedan sedan 55.6 dan makhluk sosial 1 g 2 g 2 FORMAT A Kriteria Ketuntasan Minimal Kompetensi dasar dan Kriteria Penetapan Nilai Ketuntasan KKM Indikator Kompleksi Daya Intake tas dukung 741.1. Mendeskripsikanhakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara Rendah tinggi sedan 88.9 3 3 g 2
14.  Menganalisis pengertian negara 78 85 70 77.6 dan unsur terbentuknya Negara Sosialisasi KTSP Menguraikan pengertian bangsa 55 80 dan unsur terbentuknya bangsa Sedang tinggi sedang Mendeskripsikan kedudukan 90 70 78.3 75 manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial tinggi sedang sedan g 70 68,3 FORMAT A Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Kompetensi dasar dan Nilai Indikator Kompleks Daya Intake itas dukung KKM 74.771.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara Sedang tinggi sedang

15. PENULISAN KKM PADA LHBS LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATASNama Siswa : ………………………………… Nama Sekolah : ………………………………Nomor Induk : ………………………………… Tahun Pelajaran : ………………………………Kelas/Semester : XI IA /1 Kriteria Nilai Hasil Belajar KetuntasanNo Mata Pelajaran Minimal *) Pengetahuan dan Praktik Sikap/ Pemahaman Konsep Afektif Angka Huruf Angka Huruf Predikat1. Pendidikan Agama 75 80 Delapan puluh - - B2. Pendk. 75 80 Delapan puluh - - B Kewarganegaraan3. Bhs Indonesia 70 70 Tujuh puluh 75 Tujuh puluh B lima4. Bahasa Inggris 65 70 Tujuh puluh 65 Enam puluh B lima5. Matematika 60 60 Enam puluh - - B6. Seni Budaya,dst 78 - 75 BSosialisasi KTSP
16. Tujuan Analisis : Mengetahui tingkat ketercapaian KKM yang telah ditetapkan. Manfaat Analisis : Sebagai dasar untuk menetapkan KKM pada tahun berikutnya.Sosialisasi KTSP
17. SelesaiSosialisasi KTSP


MENGETAHUI ULANGAN SEMESTER 2017


KETUA                                                                                     SEKERTARIS

MELPEN YEIMO,S.I.Kom                                            DESEPIANUS PIGAI, S.S


Tidak ada komentar: