Selasa, 28 Juni 2016

KABAR GAMABOU: Hentikan Pemekarang Distrik dan Desa Dikabupaten Paniai






mf melpen yeimo
mari bersatu padu dalan kolom atau dal blok gamabou yonine papua


gamabou news: hentikan pemekarang pemekarang distrik maupun desa dikabupaten paniai kami melihat bahwa penduduk paniai berapa yang ada di kampung itu harus perhatikan ..

dan kami tegas bahwa pimpinan daerah paniai bapak bapak harus tahu massa kependudukan dulu  itu penyebabnya saya jadi pimpinan bapak satu lagi saya jadi mau pimpin hal itu bisa ketahui

sebagai penulisan dari pemda
Pemekaran wilayah Desa atau Kampung secara intensif hingga saat ini telah berkembang dipapua sebagai salah satu jalan untuk pemerataan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti dalam bidang ekonomi, keuangan (rencana dana add 1 Milyard setiap desa atau kampung), pelayanan publik dan aparatur pemerintah desa termasuk juga mencakup aspek sosial politik, batas wilayah maupun keamanan serta menjadi pilar utama pembangunan pada jangka panjang.
Pemerintah daerah kabupaten Paniai, Papua berencana memekarkan 12 Distrik di wilayahnya tahun depan. Hal tersebut dilakukan Pemkab setempat untuk memperpendek rentang kendali antara pemerintahan di tingkat Kabupaten, Distrik dan Kampung. Sehingga pembanguna yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.
Menurut Bupati Kabuten Paniai. Hengki Kayame, SH.MH, sebelum dimekarkan 12 distrik tersebut akan di adakan studi kelayakan di 70 kampung dibawah naungan 10 distrik yang ada di Kabupaten Paniai. Kata Bupati, Studi kelayakan tersebut akan dilakukan oleh lembaga lembaga perguruan tinggi, (20/11/2009).
“Kami akan panggil lembaga lembaga pendidikan yang berkompten di indonesia seperti Universitas Cenderawasih UNCEN, Universitas Hasanudin UNHAS dan lain lain yang bekerjasama dengan pemerintah dan tokoh masyarakat”.  
Bupati Kabupaten Paniai. Hengki Kayame mengatakan, Pemekaran 12 distrik ini dilakukan agar mempersempit rentang kendali yang jauh antara pemerintah Kabupaten dan pemerintahan yang ada di distrik dan kampung.
Sekretaris Daerah Kabupaten Paniai. Dr. Ir. Pertrus Tangke Rombe, MH memerintahkan kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kepala Bagian Pemerintahan Kampung agar segera mempersiapkan kelengkapan administrasi dan koordinasikan kepada Kepala Distrik dan kepala kampung.
“Melanjuti kebijakan Bupati Kabupaten Paniai, kami di Sekretariat daerah telah mempersiapkan proses administrasi kesiapan untuk turun ke wilayah wilayah pemekaran”.  
Sekda Petrus memastikan, draf perencanaan pemekaran belasan distrik dan puluhan kampung akan rangpung dikerjangkan akhir tahun ini.
Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Paniai. Thomas Yeimo, S.STP.Msi mengatakan, keduabelas distrik yang akan dimekarkan adalah distik Paniai Barat di kawasan Muye dan Teluk Dea, Distrik Pania Timur di bagian Pugopo, Wegemuka dan Wegebino. untuk Distrik Kebo yakni di kawasan Yagai.
Kata Thomas, Distrik Bogobaida di wilayah Bayabiru dan Youtadi, di Distrik Yatamo yaitu di wilayah kampung Uwebutu dan Keniapa, Distrik Duama yakni di bagian Duma, sementar Distrik Ekadide di kawasan Aweida.
“Untuk sementara ini kami masih menunggu uji kelayakan yang akan dilakukan dari lembaga akademisi bersama kami Pemekab dan Tokoh Masyarakat yang ada di Paniai ini”.
Kepala Bagian Pemerintahan Kampung. Ernot Kayame, S. S.STP menyatakan, dari 70 kampung yang ada di daerah itu akan ada penambahan 30 puluhan lebih menjadi 107 kampung untuk memenuhi 12 Distrik baru yang nantinya akan dimekarkan. Namun kata Ernot, penambahan puluhan kampung tersebut itu juga masih menunggu uji kelayakan.
“Jadi, puluhan kampung yang akan ditambahkan tersebut tidak harus itu di tetapkan namun, bisa dikurangi dan ditambahkan sejauh hasil uji kelayakan yang nanti akan dilakukan”.

Ernot menambahkan, uji kelayakan yang nanti akan dilakuakan yakni pada bulan Noveber 2014. Sehingga, hasil tersebut akan rampung di akhir tahun ini

hal diatas ini bisa ditarget tapi  KAMI YANG TINGGAL DITANAH ORANG ITU SEDIH HATI UNTUK KALIAN PUNYA PEMAKARANG PEMEKARANG ITU 
 dan kita tegas kan bahwa pimpinan daerah paniai harus jangan jadikan suku is famili is  ..kata mel gamabou.
hasil penduduk yang sudah kasih distrik maun desa boleh baca diatas ini ...
editin ( MELPEN YEIMO)

foto atau pemandangan  paniai ..gamabou.com
 gambar ini kabupaten paniai

Tidak ada komentar: